BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test bannerSELAMAT DATANG DI WEBSITE MEDIAONLINE BINTANG SAMUDERA

LAUNCHING GERAKAN TRANSISI PAUD KE SD SE-BARITO SELATAN

Buntok | IPNet - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan launching gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan dan Edukasi Pendidikan Anak Usia Dini, Guru SD Kelas rendah dan Bunda PAUD Desa/ Kelurahan se Kabupaten Barito Selatan yang di selenggarakan di Gedung Jaro Pirarahan, Selasa, (01/08/2023).

Acara kegiatan tersebut di hadiri Ibu DONA PARAMITA Kasubja Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.( Sebagai Nara sumber)Bapak ANUGRAH MI’ROZ DZULFIKAR Staff Kasubja Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.( Sebagai Nara sumber).

Ibu tim Penggerak PKK dan Bunda PAUD, Unsur Forkopimda Barito Selatan, Sekretaris Daerah dan Para Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Selatan.

Pj. Bupati Barito Selatan H. Deddy winarwan, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Selatan mengucapkan selamat datang kepada Ibu Kasubja Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran pada Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi beserta rombongan yang bersedia hadir sebagai narasumber kita pada acara Launching ini” Ucap pak Deddy.

Ucapan terima kasih juga kami sampaikan atas kehadiran dan antusiasme kita semua dalam rangka kita mewujudkan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan dan edukasi pendidikan anak usia dini, guru SD Kelas Rendah, dan Bunda PAUD Desa / Kelurahan dan Bunda PAUD Kecamatan di Kabupaten Barito Selatan.

Pada tanggal 28 Maret 2023, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi meluncurkan program Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, dimana gerakan ini adalah merupakan gerakan yang bertujuan untuk memudahkan anak dalam beradaptasi dengan lingkungan baru di Sekolah Dasar.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menyampaikan bahwa pernyataan bersama untuk mendukung Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan ini adalah cerminan dari semangat merdeka belajar yang dilakukan bersama dengan bergotong royong dalam mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dan berpusat pada peserta didik.

Kebijakan dasar dalam gerakan ini adalah untuk menentukan tiga target perubahan yaitu:

1. Tidak ada tes calistung (membaca, menulis dan berhitung) saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang sekolah dasar.

2. Menerapkan masa perkenalan untuk peserta didik baru selama dua pekan pertama sekolah, serta merancang kegiatan pembelajaran yang dapat memberikan informasi tentang kebutuhan anak dan pengenalan alat bantu pembelaran.

3. Merancang kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan membangun kemampuan dasar anak didik

Melalui pendekatan yang menyenangkan dan kreatif, kita akan membawa keceriaan ke dalam proses pembelajaran. Dimana bermain sambil belajar akan menggali keingintahuan dan memperkuat kemampuan anak-anak kita, hal ini yang akan menjadi fokus utama dalam gerakan transisi ini.

Oleh karena itu mari kita berkomitmen untuk memberikan lingkungan pendidikan yang positif, sehingga setiap anak dapat merasa senang dan antusias dalam belajar. Kata pa Deddy yang mudah senyum.

Pj. Bupati Barito Selatan, H.Deddy menambahkan, Peran utama dari Guru SD kelas rendah Berfokus pada pengembangan keterampilan membaca, menulis dan berhitung yang merupakan landasan penting bagi pembelajaran lebih lanjut di tingkat SD,Menciptakan lingkungan belajar yang menarik, menyenangkan dan kondusif untuk menginspirasi minat belajar dan kreativitas siswa,menggunakan berbagai metode pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak-anak, seperti permainan, media visual dan kegiatan kretif lainnya.

Dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan sosial dan berinteraksi dengan teman sebaya untuk mengajarkan nilai-nilai persahabatan, bagaimana bekerjasama dan saling menghargai.

Berkomunikasi secara teratur dengan orang tua atau wali murid untuk melaporkan perkembangan akademis dan perilaku siswa, harus bekerjasama dengan orang tua untuk mendukung proses belajar mengajar anak di rumah. Tutup Pj. Bupati Barito Selatan.


( Mul.IP.Net/FH.F.Sho.Tom)

Posting Komentar

0 Komentar