BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test bannerSELAMAT DATANG DI WEBSITE MEDIAONLINE BINTANG SAMUDERA

PENJABAT BUPATI BARSEL BUKA ACARA LOMBA ANTAR SEKOLAH DALAM RANGKA HUT RI ke -78

Buntok | IPNet -- Plt. Kepala Disdik Kab Barsel Syahdani S,Pd Adakan Lomba menyambut HUT RI Ke 78 di Aula disdik kabupaten Barito Selatan ( Barsel) Provinsi Kalimantan Tengah. Jum'at. (11-08-2023) pagi

Bermacam lomba yang di adakan mulai, lomba mewarnai , menggambar, menyanyi dan pidato antar sekolah untuk memeriahkan HUT RI Ke 78 di Aula disdik kabupaten Barito Selatan provinsi Kalimantan Tengah

Dalam sambutannya,  Pj Bupati Barsel Dr H.Deddy Winarwan, M.Si menyampaikan.  Dalam rangka melaksanakan pembukaan kegiatan lomba Mewarnai, Menggambar, Menyanyi dan Pidato Bahasa Daerah untuk pelajar dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023.

Tidak terasa sudah 78 tahun kita merdeka tidak terasa pula bahwa negara kita ini mengalami banyak perkembangan dan kemajuan, termasuk dalam bidang Pendidikan, akan tetapi tentu masih banyak yang harus kita laksanakan. Harapan saya peringatan HUT Kemerdekaan kali ini dapat dijadikan salah satu momentum untuk kita bersama merenungi kembali, melakukan evaluasi dan refleksi terhadap perkembangan Pendidikan kita, khususnya di Barito Selatan.


Saat ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah meluncurkan Program Merdeka Belajar. Program Merdeka Belajar ini mengingatkan kembali pada pemikiran filosofis dari Bapak Pendidikan Nasional kita, Ki Hadjar Dewantara. 


Ki Hadjar Dewantara menegaskan bahwa tujuan dari pendidikan adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.

Ki Hadjar Dewantara juga mengemukakan bahwa dalam proses menuntun, anak perlu diberikan kebebasan dalam belajar serta berpikir, dituntun oleh para pendidik agar dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan berdasarkan nilai kesusilaan manusia, inilah yang akhirnya menjadi tema besar kebijakan pendidikan Indonesia saat ini, yaitu Program Merdeka Belajar.

Semangat Merdeka Belajar yang dicanangkan ini selaras dengan tujuan pendidikan nasional yang telah dinyatakan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, dimana dalam Pasal 3 disebutkan bahwa “Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Atas dasar pemikiran itulah maka saat ini Pendidikan karakter kita lebih diperkuat lagi dengan adanya penguatan Profil Pelajaran Pancasila 

Profil Pelajar Pancasila adalah profil pelajar yang selalu belajar sepanjang hayat, memiliki karakter sesuai nilai-nilai Pancasila, yaitu 1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia; 2) Berkebinekaan global; 3) Mandiri; 4) Bergotong-royong; 5) Bernalar kritis; dan 6) Kreatif. 

Inilah yang menjadi maksud dan tujuan pelaksanaan Perlombaan kita kali ini, yaitu membentuk Profil Pelajar Pancasila yang memiliki jiwa kemandirian, rasa percaya diri, semangat juang yang tinggi, menghargai karya orang lain, meningkatkan kecerdasan melalui kreatifitas yang mereka miliki, menjunjung tinggi sportifitas, disamping menumbuhkan rasa nasionalisme, cinta tanah air, termasuk mencintai dan melestarikan budaya daerah. 

Maka dari itu, biarkan anak-anak kita berkreasi, berekspresi dan menyalurkan kreatifitas mereka melalui warna, melalui goresan, melalui olah vokal dan melalui kemampuan bicara mereka. Kita berikan kesempatan bagi anak-anak kita untuk saling berkolaborasi, berinteraksi dengan sesama disamping memberikan rasa gembira dan bahagia di momen Hari Kemerdekaan Tahun ini.

Buat anak-anak ku peserta lomba yang kami sayangi dan kami banggakan. Perlombaan ini kami khususkan untuk kalian. Semoga kalian dapat menikmatinya. Asah lah kemampuan kalian, karena lomba ini murni akan dilakukan oleh anak-anak, tanpa melibatkan para orang tua atau guru pendampingnya.

Apabila perlombaan sudah selesai, kalian boleh melanjutkannya dengan bermain dan bercengkerama bersama teman-teman kalian. 

Harapan kami sangat besar kepada kalian. Kami berharap agar kelak kalian dapat membawa Daerah kita, Bangsa dan Negara ini menjadi lebih baik, lebih maju, lebih sejahtera, memiliki harkat dan martabat yang baik pula. Kami senantiasa mendoakan langkah kalian agar dapat sukses dikemudian hari.

Selanjutnya ia menyatakan, Pj Bupati Barito Selatan Dr.H Deddy Winarwan, M.Si Selamat berlomba, semoga mendapatkan hasil yang terbaik.disaksikan oleh kita semua dan mengharap ridho Allah, SWT  Tuhan Yang Maha Esa  

Bismillahirrahmanirrahim Lomba Mewarnai, Menggambar, Menyanyi serta Pidato antar Sekolah se Kabupaten Barito Selatan  dalam rangka memperingati HUT 78 Kemerdekaan Republik Indonesia, Saya nyatakan secara resmi dibuka. Demikian sambutan ini disampaikan 

Tetap Semangat !

Terus Belajar !

Selalu Berkarya !

Raih Prestasi !

Jadilah Anak Hebat !

Dalam acara lomba tersebut di hadiri oleh Bapak/ibu Kepala sekolah guru - guru Pendamping, unsur forkopimda daerah, Ibu Ketua time penggerak PKK , Pejabat dilingkungan Pemkab Barsel,  anak-anak peserta lomba. 


Pewarta: Muliadi

Sumber : Pj Bupati Barito Selatan Dr.H.Deddy Winarwan, M.Si

Posting Komentar

0 Komentar